Minggu, 27 Juli 2014


 Apa sih orde lama ?

Orde lama itu bisa dibilang Masa pemerintahan Presiden Soekarno yang identik dengan Sosialisme dan Komunisme.
Pada masa Orde Lama ,Indonesia itu sangat aktif dan berpengaruh di dunia Internasional.
Dengan Presiden Soekarno dengan ketegasannya melawan Penjajah , dan cita-citanya anti-Imperialisme yang mampu mengundang perhatian seluruh dunia baik negara-negara barat, Blok timur dan negara dunia ketiga. Presiden Soekarno bisa dibilang Presiden paling berani di belahan bumi bagian Selatan. Tidak ada yang bisa mengalahkan Pidato Presiden Soekarno yang berapi-api.

Bahkan ketika masa pemerintahan Orde lama Indonesia menjadi negara terkuat di Asia Tenggara, dengan bantuan dan dukungan dari Persatuan Republik Sosialis Soviet atau dikenal dengan Uni Soviet Indonesia mampu menutup mulut-mulut negara-negara disekitarnya yang menjadi negara-negara persemakmuran Inggris Raya. Bayangkan saja Indonesia kala itu memborong persenjataan tempur dari Uni Soviet yang terkenal kuat dan ditakuti dengan mudahnya tanpa ada syarat dan ketentuan tertentu. Gimana gak gentar coba negara-negara tetangganya ? Coba kalo Indonesia berniat untuk menjajah, udah bulat tuh Pulau Kalimantan dikuasai Indonesia semua.

Dalam masa pemerintahan Orde Lama , hubungan Internasional Indonesia dengan Blok Timur dan negara-negara dunia ketiga itu sangat Harmonis. Bahkan Blok Barat agak takut kalau Indonesia direkrut jadi negara anggota Blok Timur. Otomatis Indonesia menjadi Basis Militer Blok Timur di Asia Tenggara.

Tapi sekarang semua itu sudah berakhir semenjak pemerintahan Orde Baru yang terkenal Otoriter tersebut menguasai Indonesia. Hubungan dengan Uni Soviet pun merenggang. Hingga akhirnya Uni Soviet runtuh pada tahun 1991.
Banyak kenangan yang tentang harmonisnya hubungan Indonesia dengan Uni Soviet.
Contohnya saja Stadion Gelora Bung Karno , Monas , Tugu Tani, Patung Pancoran, dan Patung Pemuda.



Sekarang banyak masyarakat Indonesia yang kurang tau sejarah Harmonisnya Pemerintahan Orde lama dengan Uni Soviet. Sebenarnya jika seluruh masyarakat Indonesia itu tau kalau Indonesia pernah menjadi negara terkuat di Asia Tenggara era itu pasti sekarang mimpi itu juga bisa terjadi lagi.


Ya cuma itu saja yang bisa saya sampaikan , jika ada kekurangan saya minta maaf.
Terima kasih sudah membaca artikel ini. Selamata beraktifitas :)











0 komentar:

Posting Komentar